Anītkabir, rumah terakhir Mustafa

Di Mebusevleri Mh, Gençlik Cadesi, Çankayı, Ankara Turki terdapat satu makam yang sangat megah. Makam siapakah itu ?



Makam ini tempat bersemayamnya Mustafa Kemal Ataturk yang meninggal pada 10 November 1938. Penyebab Anıtkabir--nama dari makamnya Atatürk-- adalah...
10 November 1938 adalah tahun memilukan bagi Turki Modern. Sang Atatürk dipanggil oleh Tuhan. Kematian Mustafa diakibatkan oleh Penyakit Kulit, Sakit Jantung, Darah tinggi, Panas sepanjang waktu.
Penyakit ini sangat menyiksa diri Mustafa. Setiap hari, Mustafa dirundung oleh panas yang sangat luar biasa.
"Sıcak... sıcak...!!", kata itu yang sering dikatakan oleh Mustafa. Kata itu pula yang terdengar diseluruh penjuru Istana Dolmabahçe, Kediaman Mustafa sehingga membuat seluruh pembantu panik dibuatnya.
Setelah perundingan antara Pembantu Mustafa dengan Ismet Inönü--selaku sahabat sejati Mustafa--diputuskanlah untuk memasukan banyak balok es kedalam selimut mustafa. Namun, Balok es yang dimasukan oleh inönü pada selimut Mustafa tidak membuat Mustafa merasakan dingin sedikitpun.
Pada tanggal 28 September 1938, Beliau pingsan selama 48 jam dan sadar. 9 November, Mustafa pingsan selama 36 jam sebelum akhirnya meninggal.
Jasad Mustafa diawetkan selama 9 hari 9 malam karena tiada satupun Ulama di Turki yang mau memandikan, menshalatkan bahkan mengkainkafani. Ketika hendak di makamkan, muncul sebuah air yang menggenangi makam Mustafa.
Akhirnya, Jasad Mustafa dimakamkan di celah-celah bukit. Tempat tersebut dikenal sebagai Etnagrafi. Museum Etnagrafi.
Ismet Inönü selaku sahabat paling dekat Mustafa memiliki ide untuk membangun sebuah makam bagi Mustafa. Makam ini pembangunannya dimulai pada 9 Oktober 1944 dan pembangunannya beres pada 1 september 1953.
Jasad Mustafa dikebumikan didalam sebuah marmer dengan berat 44 ton di Anıtkab ir. Selain Mustafa, Inönü pula dimakamkan di Anıtkabir. Itulah sebab makam ini disebut Anıtkabir --pemakaman besar-- karena tempat ini bersemayamnya dua tokoh besar Revolusi Republik Turki.
2007 adalah tahun kunjungan terbesar Warga Negara Asing. Sekitar 546.620 turis baik warga asing hingga warga lokal mengunjungi tempat ini dalam peringatan Kematian Atatürk.
Selain makam Atatürk, Anıtkabir pula menjadi sebuah Museum. Di Anıtkabir, dipajang segala koleksi yang berbau Mustafa dari mulai Jas yang sering dipakai oleh Beliau bahkan hingga celana dalam Beliau.
Makam Inönü sendiri terletak disebelah peti mati Mustafa. Beberapa Presiden Negara pernah mengunjungi Anıtkabir ini.

Comments

Popular posts from this blog

INILAH KE-3 SUMBER UTAMA PENDAPATAN TURKI

Ke-5 kota ini adalah denyut nadi utama perekonomian Turki !

REVIEW : Cari kaos katun yang murah ?, Disini aja !!!