Lira Turki, mata uang yang cukup stabil di Eropa Timur

Halo semua, apa kabar ? Admin harapkam pembaca baik - baik saja. Apakah kalian tahu mata uang Turki. Pound, dollar, peso ??salah... mata uang turki adalah....


Lira, itulah mata uang Turki yang memiliki tingkat stabilitas yang cukup tinggi di Eropa Timur. Kata Lira berasal dari satuan unit kuno di Romawi Kuno yang dikenal sebagai libra yang disebut tron pon perak.




Pada tahun 2012, tanda mata uang Lira Turki diciptakan oleh Bank Sentral Republik Turki. Tanda mata uang ini dipilih  setelah diadakan kompetensi pembentukan tanda mata uang Turki.
Lambang ini tercipta berkat ide dari Tulay Lale berbentuk setengah jangkar dan tertanam dua garis yang membentuk huruf T miring 20°. Lambang ini memiliki makna :
1. Jangkar  = bentuk harapan bahwa mata uang Turki menjadi pelabuhan aman yang dipercayai oleh Masyarakatnya.
2. Garis yang menghadap ke atas = mewakili meningkatnya prestasi uang Turki setelah mengalami redenominalisasi.
Memang dahulu kala, nilai mata uang mengalami inflansi yang tinggi yang mengakibatkan petukaran menurun tajam. Berawal tahun :
1966, 1 US$ = 9 TL
1980, 1 US$ = 90 TL
1988, 1 US$ = 1300 TL
1995, 1 US$ = 45000 TL
2001, 1 US$ = 1650000 TL
Sehingga Turki ( Majelis Agung Nasional Turki ) memerintahkan redenominalisasi yang sebelumnya sukses di Mata uang Negara Tetangga, Leu Romania. Proses Redenominalisasi diawali pada tahun 2005.

Sesudah di Redenominalisasi
Sebelum di Redenominalisasi
 S

Lalu, untuk membedakan Lira Turki Lama  dan Lira Turki yang akan diredenominalisasi, Pemerintahan Turki menambahkan kata Yeni (Baru) sehingga secara resmi nama Lira Turki berubah menjadi Yeni Türk Lirası ( YTL ). Pada saat yang sama, TCMB --- Türkiye Cumhuriyeti Merkez Bankası / Bank Sentral Turki --- memperkenalkan pecahan uang kertas baru sebesar 50 YTL dan 100 YTL.
Proses redenominalisasi berlangsung selama 3 tahun. Pada masa transisi tersebut, Pemerintah Turki mengeluarkan design uang Lira baru dalam koin maupun kertas.
Didalam design tersebut, selalu wajah sang Bapak Sekular Turki, Mustafa Kemal Atatürk dalam berbagai pose, raut muka dan pakaian favorit yang sering dikenakannya. Sebelumnya, disetiap pecahan mata uang Lira terdapat Pose Mustafa Ismet Inönü.




Tahun 2009, TCMB ( lembaga yang akan dibahas di artikel selanjutnya ) menghilangkan kata "Yeni" karena peredaran mata uang Lira dahulu telah ditarik dari pasar seluruhnya.
And then ? Berhasilkah ??? Of Course. Nilai inflansi yang awalnya tinggi sekarang menjadi rendah. Nilai inflansinya hanya 7% menurut CPI dan 1,55 % menurut PPI.
Sekarang,  1 dollar Amerika bernilai 2.8 TL dan nilainya tidak pernah lebih dari 5 TL ( sekedar info : Paling tinggi ialah 1 US$ = 3 TL ) saja. Sementara, nilai tukar Lira terhadap Rupiah mencapai 5000. Artinya, 1 TL = Rp.5000.
Jika Saya mau pergi ke Turki, Saya harus menukarkan uang saya dimana ?
Itu pertanyaan yang sering dilontarkan bagi para Traveler yang ingin menjelajah Negeri Konstantinopel. Lantas, apakah jawabannya ?
Jawabannya....
Untuk saat ini, Bank Indonesia selaku bank yang mengawasi peredaran uang di Indonesia belum bekerja sama dengan Pemerintah Turki ( Khususnya Bank Sentral Turki ). Sehingga, money charger yang ada di Indonesia dimanapun tidak menyediakan Lira ini.
Solusinya ?
Solusinya adalah Kita bisa menukarkan uang kita dengan Euro, mata uang di Negara - Negara Eropa. Meskipun Turki bukanlah masuk anggota Uni Eropa, tapi, Pemerintah Turki menerima Euro sebagai mata uang untuk para wisatawan. Ya...jika kita menggunakan Euro, Harganya agak dimahalkan dari yang aslinya
Terimakasih

Comments

Popular posts from this blog

INILAH KE-3 SUMBER UTAMA PENDAPATAN TURKI

Ke-5 kota ini adalah denyut nadi utama perekonomian Turki !

REVIEW : Cari kaos katun yang murah ?, Disini aja !!!