Ke-5 kota ini adalah denyut nadi utama perekonomian Turki !

Turki adalah salah satu Negara yang paling maju di Benua Eropa. Perekonomian dan teknologi Turki pun semakin lama semakin meningkat. Bahkan kini, Turki menjadi salah satu Negara yang paling ditakuti oleh Eropa.

Ada beberapa kota di Turki yang menjadi sumber pendapatan Negara Turki. Apa sajakah itu ?. Inilah kelima kota yang menjadi denyut nadi utama perekonomian Turki.



1. Istanbul

Maslak, komplek bisnis terbesar seantero negeri Konstantinopel
Tidak bisa dipungkiri memang, Istanbul menjadi kota yang paling besar seantero Negeri Utsmani. Ada sekitar 14 juta penduduk yang mendiami Istanbul. Tak ayal, Istanbul memegang peranan penting dalam menggerakan perekonomian Turki.

Transportasinya yang maju, kehidupan masyarakatnya yang tertata rapih menjadi daya tarik utama investor untuk menanamkan uangnya disini. Baik investor asing maupun lokal. Dan hebatnya lagi, ada sekitar lebih dari 200 perusahaan besar melebarkan usahanya di Kota ini.

Dengan produk domestik bruto yang mencapai USD 301,1 miliar, Istanbul berada di peringkat 29 di antara daerah perkotaan di dunia pada tahun 2011. Sejak pertengahan 1990-an, ekonomi Istanbul telah menjadi salah satu yang paling cepat berkembang di antara wilayah metro OECD.  Istanbul bertanggung jawab atas 27 persen PDB Turki, dengan 20 persen angkatan kerja industri negara tersebut tinggal di kota tersebu PDB per kapita dan produktivitasnya lebih besar dari rata-rata nasional mereka masing-masing 70 persen dan 50 persen. 

 Dengan populasi yang tinggi dan kontribusi yang signifikan terhadap ekonomi Turki, Istanbul bertanggung jawab atas dua per lima dari pendapatan pajak negara tersebut. [18] Itu termasuk pajak 37 milyarder dolar AS yang berbasis di Istanbul, nomor lima tertinggi di antara kota-kota di seluruh dunia.

2. Ankara.

Söğütözü, komplek bisnis terbesar yang ada di Ankara
 
 Ankara dahulunya adalah kota yang sangat terbelakang. Kumuh, bau, kesan ini tidak terlepas dari Kota Ankara. Akan tetapi, pembangunan yang digencarkan oleh Mustafa Kemal Ataturk bisa merubah kota ini menjadi kota terbesar kedua Turki.

Kota ini telah mengekspor mohair (dari kambing Angora) dan wol Angora (dari kelinci Angora) secara internasional selama berabad-abad. Pada abad ke-19, kota ini juga mengekspor sejumlah besar kulit kambing dan kucing, permen karet, lilin, madu, buah beri, dan akar yang lebih dalam. Itu terhubung ke Konstantinopel dengan kereta api sebelum Perang Dunia Pertama, terus mengekspor mohair, wol, buah beri, dan gandum.

 
Kalecik karasi, bir terkenal asal Turki


Kawasan Anatolia tengah adalah salah satu lokasi utama produksi anggur dan bir di Turki. Ankara juga terkenal dengan bir Kalecik karası dan Muscat serta bir Kavaklıdere-nya yang diproduksi di lingkungan Kavaklıdere di Distrik Çankaya. Ankara juga terkenal dengan pirnya. Produk alami terkenal lainnya dari Ankara adalah jenis madu aslinya (Ankara Balı) yang dikenal dengan warna terang dan sebagian besar diproduksi oleh Kebun dan Kebun Binatang Atatürk Forest di distrik Gazi.

3. Izmir

Sentral Bisnis Bornova, Izmir, Turki
Izmir adalah kota pelabuhan termaju di Turki. Ada berjuta - juta kontainer diturunkan di kota yang berbatasan langsung dengan laut marmara ini. Ada pula berjuta - juta kontainer dikirimkan dari kota yang berpenduduk mencapai 4 juta ini.

Perdagangan melalui pelabuhan kota memiliki penarnan penting dalam menentukan perekonomian Kekaisaran Ottoman pada awal abad ke-19 dan fondasi ekonomi pada dekade awal era Republik Turki juga diletakan di Izmir Economic Congress. 


Saat ini, kawasan izmir dalam nilai antara berbagai jenis kegiatan sebagai berikut : 30,5 % untuk Industri, 22,9% untuk perdagangan dan jasa terkait, 13,5 % untuk Transportasi dan komunikasi serta 7,8% untuk pertanian.Pada tahun 2008, Izmir menyumbang 10,5 % dari semua pendapatan pajak yang dikumpulkan oleh Turki dan ekspornya mencapai 6% sementara 4%-nya untuk impor dari perdagangan luar negeri Turki. Provinsi ini secara keselurhan merupakan eksportir terbesar ketiga Turki setelah Istanbul dan Bursa dan importir terbesar kelima. Seluruh kegiatan eksor dilakukan melalui pelabuhan alsancak dengan kapasitas pemuatan kontainer tahunan mencapai satu juta.

 4. Bursa
  



Bursa merupakan kota terbesar keempat di Turki dengan jumlah penduduk mencapai 2 juta jiwa. Bursa juga salah satu kota pelabuhan termaju di Turki. Berjuta - juta ton barang dikirim dan di turunkan di Kota ini. Pelabuhannya merupakan pelabuhan terbesar mengalahkan pelabuhan alsancak yang berada di Izmir.

Tofas, salah satu produsen mobil terbesar seantero Turki berdiri di Tanah Bursa


Bursa adalah pusat industri otomotif Turki. Pabrik produsen kendaraan bermotor seperti Fiat, Renault dan Karsan serta produsen suku cadang otomotif seperti Boch, Mako, Valeo, Johnson Controls, Delphi telah aktif di kota ini selama beberapa dekade.  Industri tekstil dan makanan sama - sama kuat, dengan Cocacola, Pepsi dan merek minuman lainnya serta industri makanan segar dan kaleng ada juga dikota ini.

Recep Tayyip Erdogan sedang meminum susu produksi negaranya, Sutas


Terlepas dari Industri otomotifnya yang besar, Bursa juga memproduksi sejumlah besar produk susu yang diproduksi oleh Sutas Diary milk, makanan olahan yang diproduksi oleh Tat serta minuman mineral yang diproduksi oleh Perusahaan Uludag.

Secara tradisional, Bursa terkenal sebagai pusat perdagangan sutra terbesar di Byzantium dan kemudian kerajaan Ottoman selama periode emas jalan sutra. Kota ini masih menjadi pusat utama tekstil di Turki dan merupakan rumah bagi Organisasi Bursa Tekstil dan Perdagangan Internasional Bursa ( Bursa uluslararası Tekstil ve Ticaret Merkezi ) . Bursa juga terkenal dengan tanahnya yang subur. Akan tetapi, pertanian di kota ini mengalami kemunduran selama beberapa dekade terakhir karena industrialisasi kota.

5. Adana


Sungai Seyhan yang membelah kota Adana



Dengan jumlah penduduk total yang mencapai 3 juta jiwa, menempati Adana sebagai kota terbesar kelima seantero Negeri Ottoman. Kota ini berada di Turki bagian selatan. Kota Adana terbelah oleh Sungai Seyhan yang membentang sepanjang 35 km.

Adana adalah salah satu kota Industri pertama, dan juga salah satukota yang berkembang secara ekonomi di Turki. Sebuah kota perdagangan dari abad pertengahan hingga pertengahan 1800-an, kota ini menarik pedagang Eropa setelah Amerika Serikat, Pemasok kapas utama, terlibat dalam Perang Saudara. Petani yang berada di wilayah Cukurova mengekspor produk pertanian untuk pertama kalinya. 


Keadaan Adana pada tahun 1921
Pada awal abad ke-20, seluruh pabrik yang mengelola kapas beroperasi di wilayah ini ditutup dan ekonomi hampir macet pada tahun 1915 setelah mendeportasi orang - orang Armenia yang mengelola sebagian besar bisnis di Kota. Yayasan republik tersebut, kembali mempercepat pertumbuhan industrialisasi dengna mengaktifkan kembali tanaman tertutup dan pembukaan perusahaan milik negara. 

Dengan pembangunan Bendungan Seyhan dan perbaikan teknik pertanian, terjadi pertumbuhan eksplosif dalam produksi pertanian selama tahun 1950. Indusri skala besar dibangun sepanjang jalan negara bagian 0-400 dan Jalan Karatas/ Industri jasa terutama perbangkan berkembang selama periode ini. Pertumbuhan ekonomi yang cpat berlanjut sampai ertengahan 1980-an dan disertai oleh bangkitnya sistem kapitalistik yang menarik para pembuat film datang ke kawasan ini.










Comments

Popular posts from this blog

INILAH KE-3 SUMBER UTAMA PENDAPATAN TURKI

REVIEW : Cari kaos katun yang murah ?, Disini aja !!!