Alasan Ataturk menjadikan Ankara sebagai Ibu kota



       Sempat terlintas oleh Admin, mengapa ibu kota Turki dipindahkan ke Ankara. Mengapa sih harus Ankara ? kenapa gak di Istanbul aja sih. Kan bagusan Istanbul daripada Ankara ? Istanbul kan banyak keunikannya dibanding dengan Ankara ??
        Akhirnya, setelah berbicara dengan orang wanita Turki, Ecem, AKu mendapatkan jawabanya. Jawaban tersebut akan Admin jelaskan pada artikel ini




ALASAN - ALASAN  ATATURK MENJADIKAN ANKARA SEBAGAI IBU KOTA
Mustafa Kemal Ataturk
        Inilah beberapa alasan mengapa Mustafa Kemal Ataturk, Bapak pendiri Republik Turki sekular modern memindahkan Ibu kota yang asalnya dari Istanbul menjadi Ankara :

Alasan 1# :  Lokasi Ankara yang sangat strategis






      Alasan pertama mengapa Ataturk memindahkan Ibukota Turki Modern dari Istanbul menjadi Ankara adalah karena Ankara merupakan kota yang sangat strategis. Memang, secara geografis, Ankara terletak ditengah - tengah dari Asia kecil dan sebagian 97% wilayah Turki berada di Asia kecil sehingga dengan memindahkan Ibu kota ketengah - tengah daratan Asia Kecil membuat Ataturk lebih mudah mengontrol wilayahnya dari Barat ke Timur ketimbang tetap menjadikan Istanbul sebuah  Ibukota.

Alasan 2 # : Ankara memiliki flora dan fauna yang khas


    Apakah ada pernah mengenal kelinci Anggora, kelinci imut penuh bulu putih dan meloncat - loncat ? Pernahkan terfikir asal muasal dari Kelinci Anggora itu ? Kelinci Anggora tersebut adalah kelinci yang berasal dari Turki terutama Ankara.
    Ketika bangsa Turki menduduki Asia Kecil, para pengembara Bangsa Turk membawa hewan imut nan lucu ini ke Eropa. Bangsa Eropa sangat tertarik dengan kelinci ini dan perlahan, rumah - rumah yang ada di Eropa mulai memelihara kelinci ini.
Kambing Anggora
     Semakin lama, Bangsa Eropa mulai mengembang biakan kelinci ini secara besar - besaran ketika mengetahui wol yang dihasilkan dari Kelinci ini sangat halus dan menghangatkan suhu Eropa yang relatif dingin.
      Bangsa Eropa akhirnya menyebar luaskan kelinci ini keseluruh negara. Dari mulai Asia hingga Amerika. Indonesia pun tidak luput dari perhatian Bangsa Eropa. Melalui Belanda, mereka memperkenalkan kelinci ini ke pribumi. Bangsa pribumi pun turut tertarik untuk memelihara kelinci ini.
      Selain kelinci, ada lagi hewan yang berasal dari Ankara yaitu Kucing Anggora. Apakah anda mengenal kucing Anggora ?? itu hewan putih berbulu lebat yang banyak dipelihara oleh Manusia, bunyinya meow - meow.
       Kambing anggora pun ada disini. Sama seperti hewan - hewan sebelumnya, kambing Anggora memiliki ciri khas yaitu bulunya yang lebat dan dapat dijadikan wol.
       Satu pertanyaan mungkin yang akan terlintas didalam pikiran para pembaca, mengapa setiap hewan yang memiliki label anggora selalu memiliki bulu yang tebal dan lembut, hal ini terjadi karena binatang - binatang tersebut bisa beradaptasi dengan suhu ankara yang super duper dinginnya.
Alasan 3# : Alasan politik


Democratic Party of Republic Turkey, Partai yang didirikan oleh Mustafa Kemal Ataturk.


         Alasan ke 3 Sang Ataturk memindahkan ibu kota Turki menjadi Ankara adalah karena alasan politik. Iya, politik

          Dahulu, kota Istanbul adalah kota yang sangat diimpikan oleh seluruh kekhalifahan dimuka bumi sehingga banyak sekali orang - orang yang berusaha sebagai pembebas kota Istanbul ini. Namun, tidak ada satupun yang berhasil membebaskan kota Istanbul ini.
          1453, adalah tahun keemasan bagi kekaisaran Islam. Pada tahun tersebut, ramalan yang di ramalkan oleh Rasulullah SAW terwujudkan oleh seorang anak muda, anak yang bandel nan cengeng dan tentunya sulit diatur sehingga perlu dikeluarkan sebuah gangang sapu untuk mengaturnya. Beliau adalah SUltan Mehmed II, Sultan ke-7 Ottoman anak dari Sultan Murad II.
          Setelah itu, Mehmed II memindahkan ibukota dari Edirne ( Adrianopel ) ke Istanbul. Selama 3 - 5 abad lamanya Istanbul menjadi Ibukota Turki dan unsur - unsur islam sangat kental didalam kota tersebut. Terbukti dengan banyaknya Masjid - masjid yang berdiri dengan gagahnya menatap benua Eropa.
           Kekhalifahan Islam tersebut runtuh akibat gerakan yang dilakukan oleh Mustafa Kemal Ataturk dengan puncaknya pada 29 oktober 192.Hal ini yang membuat para ulama - ulama islam murka kepada Ataturk sehingga mereka sangat membenci Ataturk.
          Ataturk yang sadar akan hal ini langsung mendeklarasikan ibukota Turki modern yang awalnya di kota Istanbul menjadi kota Ankara karena beliau sadar jika beliau masih menetapkan Istanbul sebagai ibukota, Beliau akan sangat menyakiti para pendukung Utsmaniyah.
          Selain itu, demi mewujudkan prinsip sekularisme yang ditegakan oleh Ataturk, maka Beliau memindahkan Ibukota menjadi Ankara karena selama lebih dari 2 abad lamanya, Istanbul menjadi pusat dari Ottoman sehingga islam sangat kental dikota tersebut..

     

Comments

Popular posts from this blog

INILAH KE-3 SUMBER UTAMA PENDAPATAN TURKI

Ke-5 kota ini adalah denyut nadi utama perekonomian Turki !

REVIEW : Cari kaos katun yang murah ?, Disini aja !!!