INILAH KE-3 SUMBER UTAMA PENDAPATAN TURKI

Seperti yang telah dibahas sebelumnya. Turki dalam waktu 10 tahun bisa membuat negaranya bangkit dan menjadi salah satu calon negara superpower. Bahkan bisa menjadi salah satu anggota NATO yang notabene-nya adalah Organisasi Pertahanan 'bergengsi' Eropa bahkan Dunia.

Lantas, mengapa Turki bisa semaju itu ?.Apa saja sumber pemasukan utama Negara Turki ?. Semua itu akan dibahas dalam artikel ini.


1. Pariwisata

Hagia Sophia, salah satu destinasi favorite wisatawan sepanjang tahun

Tidak bisa dipungkiri memang, Turki mempunyai sejarah yang panjang. Bahkan sejarah ini dimulai pada tahun 600 SM. Dari mulai masa Kerajaan Hetitia hingga Ottoman. Dan berbagai macam peninggalan sejarah darimulai berupa bangunan ataupun relief bertumpah ruah disetiap sudut negeri. 

Berkat sejarah yang panjang dari Negeri Turki ini, banyak Wisatawan baik Wisatawan Asing maupun lokal mengulik sejarah negeri Sinterklas ini. Berbondong - bondong wisatawan datang ke Turki hanya untuk mengunjungi beberapa situs sejarah. Hal ini tentu sangat berdampak positif bagi ekonomi Negara Turki

Tercatat, sektor pariwisata menyumbang 48,2 % kas Negara. Bahkan ditahun 2010, Turki berhasil menarik sebanyak 10 juta wisatawan . Jumlah ini merupakan jumlah tertinggi wisatawan sepanjang sejarah Eropa.

Akan tetapi, sektor pariwisata saat ini sedang sangat melemah. Hal ini diawali oleh konflik antara Rusia dengan Turki pada tahun 2015 yang lalu. Saat itu, Turki menembak jatuh pesawat Rusia yang sedang melintasi wilayah perbatasan Turki. 

Akibatnya, Rusia yang merupakan rekan terdekat Turki memberikan sanksi yang salah satu isi sanksinya ialah melarang Warga Negaranya berkunjung atau tinggal di Negara Turki. Dan hal itu membuat pendapatan Negara di sektor Pariwisata menurun tajam. Tercatat, kerugian yang diterima Turki mencapai 300 juta USD.

2. Industri.


Karpet Turki memiliki beberapa motif indah didalamnya.

Turki merupakan salah satu negara industri terbesar didunia.Negara ini berhasil menghasilkan 200 juta ton produk setiap tahunnya serta bisa mengekspor produknya ke seluruh dunia. Bidang industri ini menyumbang 24,2 % dari jumlah GDP total.

Industri andalan Turki adalah industri tekstil. Memang tidak mengherankan sih, Turki kan menjadi Negara yang memproduksi berbagai macam produk tekstil. Contohnya karpet, sejadah, kerudung yang punya kualitas paling baik diseluruh dunia. Selain itu pula, Turki salah satu Negara yang memproduksi produk - produk alat rumah tangga yang sangat laris di Eropa mengalahkan IKEA. 

Istanbul dan Izmir menjadi dua kota yang menjadi denyut nadi utama perindustrian di Negara Turki.  Banyak pabrik dan perusahaan lokal atau asing berinvestasi di kedua kota tersebut. Dan dari kedua kota tersebutlah, berjuta - juta produk tercipta.

3. Pertanian.

Turki menjadi penghasil utama buah delima di Dunia


Pada Maret 2007, Turki adalah penghasil hazelnut, ceri, ara, aprikot dan buah delima terbesar didunia.  Penghasil semangka, mentimun dan buncis terbesar kedua, Penghasil tomat, terung, paprika hijau, kacang lentil dan pistachio; Produsen bawang dan zaitun terbesar keempat; Produsen gula terbesar kelima. Turki telah mandiri dalam produksi pangan sejak tahun 1980an. Pada tahun 1989, total produksi gandum adalah 16,2 juta ton, dan jelai 3,44 juta ton.  Hasil pertanian telah tumbuh pada tingkat yang terhormat. Namun, sejak tahun 1980an, pertanian telah mengalami penurunan dalam hal bagiannya dalam ekonomi total.

Sektor pertanian besar di negara itu menyumbang 29,5% dari pekerjaan pada tahun 2009 . Secara historis, petani Turki telah terbagi - bagi.  Menurut sensus 1990, "85% kepemilikan pertanian berada di bawah 10 hektar dan 57% di antaranya terfragmentasi menjadi empat atau lebih plot yang tidak bersebelahan. Banyak sikap pertanian lama tetap tersebar luas, namun tradisi ini diharapkan dapat berubah. Dengan proses aksesi EU. Turki membongkar sistem insentif. Subsidi pupuk dan pestisida telah dikurangi dan dukungan harga yang tersisa telah diubah secara bertahap menjadi harga dasar. Pemerintah juga telah memprakarsai banyak proyek yang direncanakan, seperti Proyek Anatolia Tenggara (Proyek G.A.P). Program ini mencakup 22 bendungan, 19 pembangkit listrik tenaga hidrolik, dan pengairan seluas 1,82 juta hektar. 

Industri peternakan, dibandingkan dengan tahun - tahun awal berdirinya Republik, menunjukan sedikit  peningkatan produktivitas dan tahun-tahun terakhir dekade ini melihat stagnasi. Namun, produk ternak, termasuk daging, susu, wol, dan telur, memberi kontribusi lebih dari 1/3 dari nilai hasil pertanian. Memancing adalah bagian penting lain dari ekonomi; Pada tahun 2005, perikanan Turki memanen 545.673 ton ikan dan akuakultur. 

Comments

  1. Main sabung ayam cuma di BOLAVITA paling nyaman
    judi sabung ayam dengan presentase kemenangan tertinggi
    Untuk info lebih lanjut bisa melalui:
    whatup : 08122222995
    BBM: D8C363CA
    Wechat : Bolavita.
    Line : Cs_bolavita.
    BBM: D8C363CA

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ke-5 kota ini adalah denyut nadi utama perekonomian Turki !

REVIEW : Cari kaos katun yang murah ?, Disini aja !!!