Luas kekuasaan sang penguasa dari dulu hingga sekarang ( Part.I )

Luas wilayah Turki sangat beragam dari ketika masa ke masa. Wilayah Turki dari masa ke masa ? Simak artikel ini ... .



A. Zaman Kekaisaran Byzantium
     


Luas wilayah Byzantium ketika masa keemasannya


       Byzantium adalah sebuah Kekaisaran yang dibangun untuk menghormati Kaisar Pemberani, Byzan. Kekaisaran ini dulunya Kekaisaran yang disegani oleh banyak Negara karena memiliki benteng pertahanan yang sangat kuat. Tidak ada Kekaisaran satu pun yang mampu menaklukan benteng tersebut kecuali Kekaisaran Latin serta Kekaisaran Utsmaniyah. Selain memiliki benteng pertahanan yang sangat kuat, Kekaisaran ini memilikki luas wilayah yang sangat besar meliputi Eropa timur ( Yunani, Bulgaria, Kroasia, Serbia, Bosnia Hezergovina, dll ), Asia kecil ( Anatolia ), Asia ( Georgia, Armenia, Syria, Azerbaijan, Asia tengah, dll ), Afrika bagian utara ( Mesir, Tunisia, Libya, dll ). Total luas wilayah Byzantium ketika masa kejayaannya adalah
  B.Zaman Kekaisaran Nicrea


Luas wilayah kekaisaran Nicrea ketika Konstantinopel ditaklukan oleh Kekaisaran Latin

      Setelah berabad - abad benteng kokoh tersebut tidak bisa ditaklukan, Kekaisaran Latinlah yang bisa menaklukan benteng kokoh tersebut melalui Pasukan Salib. Perang ini disebabkan oleh perbedaan pemahaman antara Kristen Eropa dan Kristen Timur ( Ortodoks ). Kristen Eropa menganggap bahwa Kristen Timur sebagai ajaran yang sesat dan tidak sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Yesus, Juru Selamat. Kristen Ortodoks pun mengira demikian. Kristen Ortodoks megatakan bahwa ajaran yang diajarkan oleh Kristen Eropa.
      Akibat perang ini, jatuhlah Kekaisaran Byzantium yang mengakibatkan Kaisar Byzantium saat itu diminta mundur oleh Rakyatnya karena tidak becus dalam mempertahankan Kekaisarannya. Selain Ibu Kota Kekaisaran ditaklukan, Banyak pula wilayah yang berada di Timur yang berhasil ditaklukan oleh Kekaisaran Abbasiyah dan Pasukan dari Jenggish Khan. Akibatnya, Wilayah kekuasaannya menipis dan wilayahnya hanya di Teluk Emas saja.
     Kaisar pun diturunkan dan diganti oleh Kaisar yang baru. Kaisar baru tersebut mendeklarasikan sebuah Kerajaan yakni Kekaisaran Nicrea yang pada hakikatnya masih Kekaisaran Byzantium.
C. Zaman Turki Seljuk







      Kekaisaran Abbasyiah pun runtuh akibat adanya perpecahan dalam Istana maupun Ekspansi dari Mongolia yang berhasil membumi hanguskan Kota Damaskus begitu pula dengan sebuah masjid yang memiliki menara setinggi 56 meter yang menjadi Menara Masjid tertinggi didunia berbentuk spiral.
      Kejatuhan Abbasyiah mengakibatkan Wilayah yang tadinya dikuasai oleh Abbasyiah memisahkan diri dan membentuk sebuah Kerajaan baru. Salah satunya Kerajaan Turki Seljuk yang mendeklarasikan diri sebagai Kerajaan Baru oleh     Seljuq bin Tuqaq      sebagai Sultan pertama Turki seljuk yang merupakan Keturunan dari Bangsa Turk.
       Pada saat itu pula, Byzantium menyusun kekuatan untuk merebut kembali Benteng yang menjadi kebanggaanya dari tanga - tangan anak buah Paulus. Satu per satu wilayah berhasil direbut kembali dari tangan Abbasyiah.

Comments

Popular posts from this blog

INILAH KE-3 SUMBER UTAMA PENDAPATAN TURKI

Ke-5 kota ini adalah denyut nadi utama perekonomian Turki !

REVIEW : Cari kaos katun yang murah ?, Disini aja !!!