masjid - masjid indah ibukota

Ankara yang dikenal sebagai Ancyra dizaman Romawi atau Anggora dizaman Utsmaniyah adalah kota terbesar kedua di Turki.
Seiring berjalannya waktu, Ankara ditaklukan oleh kesultanan Utsmaniyah setelah sebelumnya menjadi daerah yang diduduki oleh Kristen.
Sebagai Negara islam, tentunya membutuhkan sebuah masjid untuk tempat mengadu doa para umat islam. Seperti Istanbul, kota ini memiliki banyak sekali masjid baik masjid yang berukuran sederhana maupun yang sangat mewah. Ya, anda pasti tahu lah Masjid Sultan Ahmet serta Hagia sophia, itu salah satunya.
Apakah Ankara yang notabenenya sebagai Ibukota Sekular Turki memiliki masjid - masjid ? Of course. Ya, meskipun tidak sebanyak di Istanbul. Masjid apakah itu ?

 
1. Masjid Kocatepe




Masjid yang terletak di jantung kota Ankara ini menjadi landmark kota ini. Jika Istanbul memiliki Sultan Ahmet Camii, Ankara ya masjid ini.
Masjid kocatepe atau Kocatepe camii di Bahasa Turki ini berawal dari tahun 1940. Ketika itu, Ketua Lembaga Asosiasi Keagamaan Republik Turki menginginkan membangun sebuah masjid di kota Ankara.
1944, Ketua lembaga itu menghubungi Perdana Menteri Turki waktu itu, Adnan Menderes membicarakan pembangunan masjid ini. Diberilah sebidang tanah di jantung Kota Ankara.
1952, Vedat menyuruh agar ketua lembaga asosiasi agar bergabung pada proyeknya, Proyek vedat ( Vedat Project ) yang bertujuan agar membangun kota Ankara yang modern.
Vedat menyuruh kepada Uluengin dan temanyya ( lupa lagi namanya ) untuk membangun masjid ini. Uluengin menyetujui permintaan Vedat.
Vedat pun meminta agar masjid ini menjadi masjid modern seperti layaknya Masjid Faisal di Pakistan.
Permintaan itu disetujui. Dengan bantuan 24000 pekerja akhirnya Uluengin dan temannya bisa membangun masjid ini  yang mempunyai 4 menara dengan tinggi 88 meter. Masjid ini pula terinspirasi dari Masjid Selimiye di Edirne dan tentunya Masjid Sultan Ahmet di Istanbul.
2. Masjid Aslanhane
Masjid ini dibangun oleh Arsitek Ebübekir atas perintah dari Sultan Seljuk, Sultan Mesud.
Masjid ini dibangun oleh kedua pemimpin suku Ahi, Huseyn dan Hesanuddin.
Masjid ini selesai pada tahun 1209 bermaterialkan batu granit dan kayu digunakan untuk mimbarnya dengan gaya arsitektur Seljuk yang lebih mengarah pada gaya arsitektur Baghdad.
Masjid kecil ini terletak didekat Masjid Kocatepe yang menjadi landmark kota Ankara. Masjid ini memiliki 1 kubah dan 1 menara saja.
3. Masjid Hacı bayram
Masjid ini merupakan masjid ketiga di Ankara. Letak masjid ini sangat dekat dengan kuil August, peninggalan Kekaisaran Romawi serta masjid Aslanhane dan Kocatepe.
Masjid ini dibangun oleh Mimar Mehmet Bey Pasha pada tahun 1477 dan beres 1 tahun kemudian yakni pada tahun 1478.
Hacı bayram mosque sangat kental sekali arsitekturnya dengan masjid masjid di istanbul. Memiliki kubah yang cukup banyak. Terdapat lengkungan lengkungan yang menyertai kubah tersebut dan kaca - kaca yang banyak.
Masjid yang dibangun oleh Mimar bey ini terdapat 1 menara yang ujungnya lancip serta 1 kubah yang besar dan 1 kubah dibagian mimbar.

Comments

Popular posts from this blog

INILAH KE-3 SUMBER UTAMA PENDAPATAN TURKI

Ke-5 kota ini adalah denyut nadi utama perekonomian Turki !

REVIEW : Cari kaos katun yang murah ?, Disini aja !!!