Mall kedua yang indah dan tertua di Turki


 Hai semua, kembali lagi ke Turkish lover blog. Kini saya akan membahas tentang Mal kedua yang indah seantero Turki. Mal apa itu, mari kita simak bersama - sama artikel ini


Menara Ataküle yang mencakar langit Ibu Kota ankara.

Setelah dibangunnya Galleria Ataköy Mall di Sahiyolu, Ataköy, Istanbul, Turki,Pemerintah Turki juga membuat satu mall yang indah lho. Mall ini dibangun atas request-an dari Presiden Turki saat itu, Turgut özal. Tujuan dibuatnya  bangunan ini adalah untuk membangun perekonomian warga ibukota.
Ragıp Buluç adalah Bapak dari Mall tertua kedua di Turki atas perintah dari Turgut Özal. Dibuat pada tahun 1989, tahun dimana Galleria Ataköy selesai dibangun. Dan hanya membutuhkan waktu 2 tahun saja untuk membangun mall kedua di Turki ini. Mall ini diberi nama Ataküle.
Kata Ataküle sendiri berasal dari 2 kata. Ata yang berarti Bapak dalam Bahasa Turki kuno yang merujuk pada Mustafa Kemal Atatürk, Presiden pertama Turki dan Kule yang berarti menara.
Pada awal pembangunan, Ataküle memiliki 50 toko dan diperbesar menjadi 155 toko dengan basement serta  1 Bioskop yang sangat megah.
Mall yang memiliki luas 28,500 meter persegi ini terletak di Çankaya dan berakhir di Cinnah Caddesi.
Satu yang unik dari mall yang dibangun oleh Ragıp Buluç ini. Ya, menaranya yang menjulang tinggi mencakar langit Ankara setinggi 125 meter. Menara inilah yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Ataküle.
inilah puncak menara dari Ataküle yang bisa berputar 360° dalam waktu 1 jam
Dipuncak menara yang berbentuk UFO terdapat satu restauran yang bernama Selvia. Puncak menara ini juga bisa berputar 360° sehingga seluruh penjuru kota Ankara dapat dilihat dari sini. Kenapa ?
Selain puncak menara yang bisa berputar 360° dalam waktu satu jam, Çankaya sendiri adalah sebuah kabupaten di Provinsi Ankara yang terletak diatas bukit. Ankara sendiri kotanya dikelilingi oleh bukit.
Selain itu, menara setinggi 125 meter ini berfungsi sebagai menara observasi dan menara komunikasi ditanah Ibukota.
indahnya pemandangan Ataküle dimalam hari
Oh iya, mall ini terdiri atas 4 lantai dan salah satu landmark dari kota Ankara selain Kocatepe Mosque yang dibangun pada tahun 1967 dan beres pada tahun 1987


Comments

Popular posts from this blog

INILAH KE-3 SUMBER UTAMA PENDAPATAN TURKI

Ke-5 kota ini adalah denyut nadi utama perekonomian Turki !

REVIEW : Cari kaos katun yang murah ?, Disini aja !!!