Ne Kurdi ? ( apa kurdi ?)

Di Turki itu terdiri atas 2 etnis yakni Etnis Turk dan Etnis Kurdi. Kalian pasti sering mendengar yang namanya Kurdi. Namun, apa Kurdi itu ? untuk menjawab pertanyaan tersebut, Saya akan bahas tentang Bangsa Kurdi.


Bismillahirahmanirahim

Peta wilayah Kurdistan


Kurdi adalah kelompok etnis di Timur Tengah yang sebagian menghuni disuatu daerah yang kemudian dikenal sebagai Kurdistan meliputi bagian yang berdekatan dengan Irak, Iran, Suriah dan Turki. Mereka berbicara menggunakan bahasa Kurdi yang merupakan anggota bahasa Iran cabang dari Indo-Eropa. Jumlah orang Kurdi sekitar 30 juta jiwa dengan mayoritas tinggal di Asia arat dengan masyarakat dispora Kurdi yang signifikan berada di kota - kota barat Turki, di Armenia, Georgia, Israel, Azerbaijan, Rusia, Lebanon dan dalam beberapa dekade terakhir berada di Eropa dan Amerika.

Wanita Kurdi


Asal usul Nama Kurdi masih tidak jelas, meskipun diyakini bahwa istilah ini mendahului pembentukan kelompok etnis selama berabad - abad bahkan ribuan tahun. Istilah Kurdi menurut G.S.Reynold berasal dari istilah kuno, Qardu. Akar umum Kurdi dan Qardu pertama kali disebutkan dalam tablet sumeria dari milenium ke-3 SM sebagai tanah karda. Di Kurdi sendiri terdiri atas pembagian etnis yakni Kurmanji, Lur, Kalhor dan Guran.

 Negara Turki yang dipegang oleh Reccep Tayyip Erdogan selaku presiden Turki sekarang menetapkan bangsa Kurdi sebagai bangsa teroris karena dianggap sebagai awal kehancuran dari negara yang dipimpinnya.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf jika ada kesalahan. Terima kasih. Selamat tinggal !


Comments

Popular posts from this blog

INILAH KE-3 SUMBER UTAMA PENDAPATAN TURKI

Ke-5 kota ini adalah denyut nadi utama perekonomian Turki !

REVIEW : Cari kaos katun yang murah ?, Disini aja !!!