Turki ? Kenapa dinamakan Turki? Apa Artinya

     Turki kenapa dinamakan Turki yah ? Kenapa bukan Utsman atau kenapa bukan Ghazi misalnya ? Lalu apa arti kata Turki sendiri ? Pernahkah terlintas dipikiran pembaca pertanyaan - pertanyaan yang cukup konyol itu tapi cukup di perhitungkan. Nah, saya disini akan membahas asal - usul nama Turki sendiri.
           

     Bismilahirahmanirahim


 

   Negara Turki sendiri pada awalnya tidak bernama Turki tapi yang kita tahu adalah Kekhalifahan Utsmaniyah atau jika didunia barat disebut Ottoman. Lalu ketika pada masa yang saya sebut Revolusi Replubik, Mustafa Kemal Ataturk menggunakan kata Turki.  Kata Turki sendiri dipilih karena mayoritas etnis Penduduk Negara Turki adalah Bangsa Turk.

   Kata Turki sendiri atau didalam Bahasa Turkinya  adalah Türkiye itu terdiri atas 2 komponen yakni Turk dan imbuhan -iyye  yang diambil dari bahasa  Arab, iyya atau bahasa Yunani -ia yang menunjukan kepemilikan tanah suatu bangsa
   Di Indonesia sendiri, kata " Turki" itu berasal dari Bahasa Latin Pertengahan yaitu Turchia. Nama ini berkerabat dengan Tourkia dalam Bahasa Yunani yang awalnya digunakan oleh Bangsa Byzantium untuk menyebut Hungaria pada abad Pertengahan.

Apakah istilah Turkey ada kaitannya dengan ayam kalkun ini ?

    Kata Turkey sendiri didalam bahasa Inggris berarti Ayam kalkun. Hal ini merupakan sindiran kepada orang - orang Turki yang memang mereka bertubuh kekar, leher panjang, cepat dan ganas sehingga siapapun musuh - musuh Turki ketakutan. Selain itu, Orang Turki yang suka memelihara ayam kalkun menjadi penyebab lain orang Eropa menyebut mereka dengan kata Turkey.

     Selain itu, ada sejarah tersendiri mengapa orang Barat menyebut negara ini dengan sebutan "Turkey". Saat itu, ayam kalkun baru saja ditemukan di Amerika Utara. Kemudian, orang Amerika Utara mendomestikasi ayam kalkun ini menjadi ayam rumahan dan mengekspornya ke Turki. Dari Turki, orang - orang Eropa mengenal ayam kalkun. Dari sanalah, hingga saat ini, Orang Eropa masing menyebut Turki dengan istilah Turkey. Kata Turkey sendiri diketahui memiliki arti permata.
  Itulah sedikit informasi yang bisa saya sampaikan kepada para pembaca blog ini. Teşekkür ederim. Hoş çakalın !

Comments

Popular posts from this blog

INILAH KE-3 SUMBER UTAMA PENDAPATAN TURKI

Ke-5 kota ini adalah denyut nadi utama perekonomian Turki !

REVIEW : Cari kaos katun yang murah ?, Disini aja !!!