Bangsa Turk ? Bangsa apa itu ?

 Di artikel saya kemarin, Saya telah membahas tentang asal usul nama Turki itu sendiri yang diambil karena sebagian besar penduduk di Negara Turki adalah Bangsa Turk. Timbul satu pertanyaan, Bangsa Turk, Bangsa apa itu ?. Untuk menjawabnya, silahkan baca artikel ini ...




                             Wanita Kazakh yang merupakan salah satu bagian dari Bangsa Turk

  Bismilahirahmanirahim

                Bangsa Turk adalah gabungan etnis besar yang menghuni diwilayah utara. barat dan tengah Eurasia yang bertutur kata Bahasa Turki yang terdiri atas banyak dialek.Istilah Turk mereperesentasikan sebuah ethno-linguistik yang besar yang melingkupi berbagai masyarakat seberti Kazakh, Uzbek, Kyrgyz, Uyghur, Azerbaijan, Turkmen, dan Turki juga merujuk pada masyarakat yang hanya tersisa dalam sejarah yakni Xiongnu, Kipchaks, Avar, Eurasia, Bulgar, Hun, Seljuk, Ottoman, Khazar, dan Timurid.

                Bangsa Turk memiliki asal - usul dari asia tengah yaitu Pergunungan Altai, dan Bahasa Turk telah menyebar luas lewat migrasi dan ekspansi. Saat ini Bangsa Turk tersebar di Asia Tengah, Semenanjung Anatolia, Wilayah Balkan, Padang Siberia dan Eropa Timur.

            Arti harfiah dari kata Turk adalah pelindung kepala, namun juga dapat berasal dari kata Tur yang merupakan cucu Nabi Nuh.

            Saat ini terdapat 6 Negara berdaulat Bangsa Turk yaitu, Turki, Azerbaijan, Kazakhstan, Kirgizstan, Turkmenistan, Uzbekistan. Ada juga didaerah sub-nasional yang dihuni oleh Bangsa Turk seperti Tatarstan, Bashkortonstan, Chuvashia, Sakha, Karachay-Cherkessia, Kabardino-Balkaria, Khakassia, dan Tuva di Rusia, Gagauzia di Moldova, Krimea di Ukraina, juga Xinjiang di Cina.
         
Berikut daftar Suku Turk

1. Balkar
2. Bashkir
3. Karachai
4. Karakalpak
5. Kazakh
6. Kyrgyz
7. Kumik
8. Tartar
9. Turki
10. Turkmen
11. Uyghur
12. Uzbek
13. Azeri
14. Qashqai
15. Quvash
16. Gagauz
17. Yakut

  Nah itu informasi yang saya bisa sampaikan. Maaf jika ada kesalahan. Teşekkür ederim. Hoş Çakalın ,!

Comments

Popular posts from this blog

INILAH KE-3 SUMBER UTAMA PENDAPATAN TURKI

Ke-5 kota ini adalah denyut nadi utama perekonomian Turki !

REVIEW : Cari kaos katun yang murah ?, Disini aja !!!