Selayang Pandang tentang Negara Turki

Bismilahirahmanirahim.


Lambang Negara Turki
 














   Turki adalah sebuah bangsa yang terletak diantara 2 Benua,Benua Eropa dan Benua Asia meskipun kebanyakan wilayah Turki terdapat berada di Benua Asia. Negara Turki memiliki total luas wilayah sebesar 783.562 Km persegi dengan Ibu Kotanya atau didalam Bahasa Turki Başkent itu Ankara dan Kota terbesar di Turki adalah İstanbul.Turki memiliki jumlah populasi sebesar 76.667. 864 dan diantara populasi tersebut terbagi menjadi  3 etnis utama yakni Etnis Turk sebesar 70 - 75 %, Etnis Kurdi sebesar 18 % dan sisanya adalah Etnis selain Turk dan Kurdi.

Bapak Presiden Recep Tayyip Erdogan
  Turki menganut sistem pemerintahan parlemen yang artinya di Negara Parlemen ( yang saya tahu ) Kepala Pemerintahan dan Kepala Negara itu di pisah. Perdana Menteri sebagai Kepala Pemerintahannya dan Kepala Negara itu hanya sebagai simbol Negara saja. Perdana Menteri saat ini adalah Binari yıldırım dan Presiden saat ini adalah  Reccep Tayyip Erdogan.

Mehmet Akif Ersoy, pencipta lagu kebangsaan Turki, Istiklal Marsi

  Lagu Kebangsaan Turki adalah İstiklal Marşı atau dalam Bahasa Indonesianya adalah Mars Kemerdekaan. Lagu Kebangsaan Turki ini ditulis oleh Penyair Turki, Mehmet Arkif Eksoy dan lagunya di gubah oleh Zeki Üngör. Mata Uang Negara Turki adalah Lira Baru atau jika di lambangkan seperti TRL ( Turkish Lira ). 1 Lira jika di konverensikan menjadi 4000 Rupiah.

  Negara Turki ini merupakan Negara bekas Kekhalifahan Utsmaniyah atau jika didalam Bahasa Turki adalah Osmanlı      . Namun Kekhalifahan Utsmaniyah runtuh digantikan oleh Republik Turki oleh Mustafa Kemal Ataturk pada tahun 1923

  Nah ,,, itulah Selayang Pandang tentang Turki dimulai dengan Masyarakatnya, Presidennya hingga sejarah Bangsanya. Nah, nanti di artikel selanjutnya saya akan  membahas tentang seputar di selayang pandang ini. Teşekkür Ederim ! Hoş çakalın !

Comments

Popular posts from this blog

INILAH KE-3 SUMBER UTAMA PENDAPATAN TURKI

Ke-5 kota ini adalah denyut nadi utama perekonomian Turki !

REVIEW : Cari kaos katun yang murah ?, Disini aja !!!