Lalu kekurangannya ?

   Diartikel sebelumnya, Kita telah membahas tentang Kelebihan Bangsa Kurdi. Di balik kelebihan pastinya ada kekuranganya kan ? Lalu, apa kekurangan Bangsa Kurdi ya ...? Penasaran ? Baca artikel ini !

a. Bangsa tanpa Negara

Meskipun bangsa besar, Kurdi tidak memiliki negaranya sendiri.


  Kurdi adalah sebuah Bangsa yang sangat besar kedua di Timur Tengah. Namun, Kurdi tidak seperti bangsa yang lainnya yang memiliki sebuah Negara seperti Indonesia atau Negara lainnya. Kurdi tidak memiliki sebuah Negara. Orang Kurdi terpisah - pisah. Ada yang di Iran, Iraq, Turki, dan Negara Timur Tengah lainnya tak terkecuali Eropa. Memang sayang, Bangsa yang cukup besar tapi Masyarakatnya terpisah. Makanya, cukup penting jika Bangsa Kurdi memiliki Negaranya sendiri

b. Frustasi memperjuangkan kemerdekaan

Bangsa Kurdi telah frustasi membela kemerdekaan mereka.


Dibahkan dengan penduduk negara Arab lainnya, didunia suku Kurdi adalah salah satu suku bangsa besar karena jumlahnya hingga mencapai 30 juta jiwa. Mirip seperti nasib bangsa Palestina, akibat kolonialisme Barat di Timur Tengah, rumpun bangsa Persia yang mendiami daerah Kurdistan ini terancam hilang dalam sejarah dunia. Karena Palestina berada dibawah pendudukan Israel maka perhatian dunia islam relatif sangat besar dibandingkan suku Kurdi yang hampir sama sekali tidak ada. Disebabkan oleh lokasinya yang strategis secara geopolitik dan tersedianya minyak dalam jumlah besar lengkap dengan jalur - jalur minyaknya menuju Eropa dan Israel, usaha bangsa Kurdi untuk menjadi bangssa yang independen semakin sulit terealisasi. Setiap aktivitas untuk memerdekakan diri selalu berakhir dengan penumpasan dan penindasan. Jalan kemerdekaan bagi Kurdistan seakan menunggu kehancuran 3 negara yang menguasainya. Tumbangnya Rezim Irak akibat invansi AS, misalnya berhasil membuka akses politik kaum Kurdi ini.

c. Friksi dan penindasan.

Penindasan sering dirasakan oleh Bangsa Kurdi.Terutama ketika Rezim Saddam Hussein berkuasa

Friksi adalah pergeseran, perpecahan atau pergeseran yang berupa faham atau pendapat. Jalan paling mudah untuk memecah kekuatan suku Kurdi dalam menghimpun diri menuju kemerdekaan adalah dengan menciptakan faksi diantara mereka yang satu sama lain saling bermusuhan.Ini karena tidak ada figur pemersatu dikalangan mereka. Terpeahnya mereka dalam tiga wilayah negara yang berbeda juga telah membuat suku ini semakin tersegmentasi. Bahkan negara dimana suku Kurdi berada seringkali mencoba melakukan program asimilasi secara paksa hingga pemusnahan bangsa terbesar didunia arab ini. Di Irak utara misalnya terdapat dua kubu yang dipimpin oleh Barzani, the Kurdishtan Democratic Party ( KDP ) dan partai Jalal Thabani, The Patriotic Union of Kurdishstan ( PUK ). Keberadaan suku Kurdi yang non Arab itu ternyata menjadi hambatan tersebdir bagi Sadam Husein dalam menjalankan obsesinya menggelorakan semangat nasionalisme Arab.

Pada tahun 2003 saat invansi AS ke Irak, daerah basis suku Kurdi di Irak Utara dijadikannya sebagai pangkalan militer AS. Ternyata, dukungan AS dan perhatian organisasi - organisasi sosial dunia berhasil menyelamatkan bangsa Kurdi di Irak dari penindasan yang berlangsung sangat lama. Setelah bertahun - tahun mengalami penindasan dan pemusnahan akhirnya dengan dukungan AS Jalal Thalabani sendiri terpilih sebagai Presiden Irak.


Sekian artikel yang membahas kekurangan bangsa Kurdi. Mohon maaf jika ada kesalahan. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Comments

Popular posts from this blog

INILAH KE-3 SUMBER UTAMA PENDAPATAN TURKI

Ke-5 kota ini adalah denyut nadi utama perekonomian Turki !

REVIEW : Cari kaos katun yang murah ?, Disini aja !!!