Akhirnya terkuak juga Arti dari Hagia Sophia

     Seperti yang sudah dijelaskan, Istanbul adalah menjadi Kota yang sangat penting dalam sejarah. Oleh karena itu, Istanbul memiliki Tempat sejarah dari Mulai yang paling terkenal adalah Hagia Sophia yang akan dibahas dalam artikel kali ini




          Hagia Sophia ( Bahasa Turki : Aya Sofya, Bahasa Latin : Sancta Shopia ) adalah sebuah bekas Gereja Basilika yang kemudian di ubah menjadi Masjid kemudian di ubah menjadi Museum. Dari tahun berdirinya 537 sampai 1453 Gereja tersebut menjadi Gereja induk kaum Kristen Ortodhox Yunani kecuali pada tahun 1204 dan 1261, Gereja ini diubah menjadi Gereja Katolik. Gereja ini diarsiteki oleh Isidorus dari Miletus dan Anthemius dari Trailes.
          Gereja ini di dedikasikan untuk Kebijaksanaan Allah yaitu Logos, Kedua orang tritunggal Kudus. Terkadang, Gereja yang diubah menjadi Museum ini disebut menjadi Saint Sophia.
           Ketika penaklukan Konstantinopel, Sultan Mehmed II, Hagia Sophia di ubah menjadi Masjid. Ia memerintahkan agar ditambahkan beberapa Menara untuk adzan, Kubah. Selain itu, Beliau memerintahkan agar mozaik kristen di cat atau di copot dan digantikan oleh kaligrafi dan Beliau juga memerintahkan agar altar, lonceng, Iconostatis di ganti dengan beberapa benda khas Masjid. 
            Sultan Mehmet II Pertama kali melakukan Shalat di Hagia Sophia ketika Jum'at, 1 Juni 1453. Di dekat Hagia Sophia, terdapat atu bangunan yang serupa yakni Hagia Eirene kemudiah diubah menjadi Museum oleh pasukan Yeniceri ( Jannisary ). Hagia Sophia menjadi masjid utama di Istanbul sebelum pembangunan masjid - masjid lain seperti Masjid Raya Sulaimaniyah, Masjid Rustem Pasha hingga Masjid Sultan Ahmed. 
           Tahun 1931, Hagia Sophia tertutup bagi umum dan di buka kembali pada tahun 1935 dengan fungsi sebagai Museum atas perintah dari Sang "Bapak", Mustafa Kemal Ataturk. Hingga sekarang, Museum Hagia Sophia menjadi salah satu tempat wisata favorit di Turki selain pastinya Masjid Biru ( Masjid Sultan Ahmed ). Terdapat 3,3 Juta Turis datang ke tempat ini tiap tahun.
           Sementara kata Hagia Sophia itu berasal dari Bahasa  Yunani " ia sofia " yang berarti kebijaksanaan suci. Gereja ini didedikasikan untuk Logos, salah satu dari konsep tritunggal kudus.

Comments

Popular posts from this blog

INILAH KE-3 SUMBER UTAMA PENDAPATAN TURKI

Ke-5 kota ini adalah denyut nadi utama perekonomian Turki !

REVIEW : Cari kaos katun yang murah ?, Disini aja !!!